Peta Interaktif

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala dan sistem proyeksi tertentu. Dewasa ini, perkembangan peta sendiri tidak terbatas pada peta dalam bentuk hardcopy (peta analog), peta dapat disajikan dalam bentuk digital melalui berbagai device. Peta dalam format digital mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan peta analog. Keunggulan yang utama adalah kebutuhan ruang penyimpanan peta yang tidak sebanyak yang dibutuhkan oleh peta analog, karena peta digital dapat disimpan dalam sebuah media berupa hardisk, flashdisk, memory card dan berbagai jenis media penyimpanan digital lainnya.


Peta digital dapat pula disajikan dalam format yang interaktif bagi penggunanya, hal ini juga merupakan keunggulan dari peta dalam format digital tersebut. Peta Interaktif (Interactive Map) membuka ruang bagi pengguna awam untuk dapat memahami peta dengan lebih mudah, dengan tampilan antar-muka yang cukup menarik. Ketertarikan pengguna awam untuk menggunakan peta interaktif dalam menggambarkan data spasial suatu wilayah membuat persaingan produsen-produsen software pemetaan menjadi lebih kompetitif, sehingga fungsi-fungsi peta sendiri menjadi lebih berkembang seiring perkembangan teknologi yang kian pesat.

ndikarahman.blogspot.com
Skema Revolusi Penyajian Peta


Berdasarkan revolusi penyajian peta, peta interaktif merupakan pengembangan dari peta digital. Berbagai kelebihan yang ada pada peta digital dikostumisasi lagi sesuai keinginan pengguna, sehingga terbentuk sebuah peta yang tak hanya menampilkan informasi spasial sebuah wilayah, akan tetapi juga memberikan informasi tekstual dengan tampilan serta fungsi pemetaan yang terintegrasi dengan baik dalam satu peta. Peta interaktif memanjakan pengguna dengan berbagai kemudahan dan tampilan yang menarik, serta fungsi interaksi antara pengguna dengan peta yang sangat baik. Bentuk interaksi ini berupa tools-tools yang ada dalam peta interaktif yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Secara umum,tools-tools tersebut terdiri dari fungsi zooming, searching, pan, dan sebagian fungsi editing.

Saat ini peta interaktif sering digunakan dibidang sosial, politik, ekonomi, kebudayaan dan pariwisata kedaerahan yang dikemas dengan tampilan multimedia yang sangat menarik. Melihat perkembangan teknologi yang pesat di bidang Teknologi Informasi khususnya mengenai Geospasial, bukan tidak mungkin peta interaktif dapat menjadi alternatif dalam penyajian peta, sehingga peta interaktif tidak hanya menitikberatkan pada tampilan dan kenyamanan user, akan tetapi juga tetap memperhatikan ketelitian data spasial sesuai dengan tema peta yang disajikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar