Membuat boundary grid di aplikasi surfer

Salah satu kendala dalam pembuatan peta kontur menggunakan data titik koordinat pada aplikasi surfer adalah file grid (*.grd) yang dihasilkan tidak sesuai dengan area polygon yang akan diolah jika kita menggunakan metode krigging dalam pembuatan gridnya. Untuk mengatasinya, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan membuat file grid baru menggunakan fasilitas blank grid  (pada tab menu  grid > blank…) berikut langkah-langkahnya.

Membuat blanking file dalam BLN format, dan area kosong di dalam atau di luar polygon tertutup di dalam file BLN dengan mengklik Grid > Blank pada tab menu. Langkah pertama adalah untuk membuat sebuah file BLN dari boundary.


Jika anda sudah memiliki koordinat xy dari boundary yang akan dibuat, anda bisa memasukkan data tersebut ke dalam lembar kerja surfer (pada tab menu File > New > Worksheet). Pastikan koordinat pertama dan terakhir yang persis sama untuk menciptakan polygon tertutup. Kemudian insert sebuah baris baru di bagian atas.Dalam cell A1 masuk dalam jumlah titik koordinat yang diinput. Pada cell B1, masukkan nilai “1 “ jika anda ingin area kosong di dalam boundary atau masukan nilai “0“ jika anda ingin area kosong berada di luar boundary.
data koordinat

Pada contoh diatas, saya mempunyai 4 titik kordinat yang membentuk sebuah polygon. Pada baris ke- 6 data koordinat dari titik pertama dituliskan lagi agar mendapatkan area polygon yang tertutup. Pada cell A1 saya memasukkan nilai 5 karena data titik koordinat yang diinput berjumlah 5 termasuk titik terakhir yang sama persis dengan titik pertama. Dan pada cell B1 saya memasukkan nilai 0 karena akan membuat area kosong diluar boundary. Setelah semuanya selesai, kemudian save as sheet tersebut menggunakan format BLN golden software blanking (*.bln)

Setelah BLN file dibuat, buka file tersebut  dengan cara masuk ke lembar kerja plot, pada tab menu Map > New > Base Map dan load file BLN sebagai base map untuk memastikan bahwa BLN file tersebut dalam format yang benar dan dalam bentuk yang anda inginkan. Setelah anda memiliki BLN file, anda dapat membuat grid yang terpotong oleh polygon dari file BLN tersebut. Pada tab menu pilih Grid > Blank, tentukan file grid yang akan dipotong (file tersebut adalah hasil dari membuat gridding dengan metode krigging sebelumnya) dan klik open, pilih file BLN yang telah dibuat sebelumnya, mendefinisikan batas blanking, Tentukan nama file untuk menyimpan file blanked grid baru dan klik Save. Sekarang anda telah memiliki file grid yang telah terpotong oleh polygon dan  kemudian anda dapat menggunakan file blanked grid ini untuk membuat peta dan melakukan perhitungan volume dan luas dengan area luasan yang diinginkan.
boundary grid

Selamat mencoba!

1 komentar:

  1. Mas minta bingbingannya untuk menghitung volume denhan luas yang diinginkan msi belum dapat di pahami

    BalasHapus