Easter egg pada AutoCad 2004

AutoCad 2004 merupakan aplikasi desain grafis yang sangat populer dikalangan engineering survey. Dengan kemampuan mengolah data lapangan yang akurat dan cepat, aplikasi ini menjadi aplikasi "wajib" yang harus ada pada komputer atau laptop para surveyor. Walaupun pihak Autodesk.Inc yang merupakan produsen resmi software autocad telah mengeluarkan versi-versi terbaru dari autocad sendiri, namun tetap saja sampai saat ini autocad 2004 tetap menjadi idola para surveyor lapangan. Seperti hal nya windows xp yang kepopulerannya masih sempat bertahan selama beberapa tahun walaupun telah ada versi windows yang lebih baru dari windows xp, namun pada akhirnya windows xp ditinggalkan juga oleh konsumennya, mungkin seperti itu lah nasib autocad 2004 beberapa tahun kedepan berdasarkan  hasil ramalan saya :p


Oke sejenak kita lupakan perdebatan tentang hal diatas yang sebenarnya bukan urusan saya :p, sekarang kita masuk pada inti pembahasannya. Easter Egg adalah program tersembunyi a.k.a rahasia yang dibuat oleh programer software. Uniknya untuk dapat membuka program-program rahasia tersebut harus melewati ritual-ritual yang unik dan tak terduga. Seperti memotong ekor cicak betina bunting pada malam selasa, mandi kembang 7¾  rupa dipuncak gunung merapi, atau mengucapkan mantra penumbuh bulu ketek yang sempat menjadi trending topik dikalangan para SMS-er indonesia. Beruntung untuk membuka easter egg yang ada pada program autocad tidak serumit yang saya atau anda bayangkan seperti diatas. Walaupun trik jadul ini sebenarnya sudah lama beredar, tapi tetap saja hal ini tetap menarik untuk dicoba sambil merefresh otak yang mulai pening melihat angka-angka hitungan polygon hasil "pengukuran siluman" dilapangan hehe :p... Step by step, cekidoott!!

  1. Buka Program autocad yang telah terinstal sebelumnya
  2. Buka layer property manager melalui tombol icon yang ada disamping paling kiri layer bar atau dapat juga   melalui comand prompt dengan mengetikkan perintah "layer"


   4.  Setelah itu akan muncul tampilan windows seperti pada gambar dibawah. 



   5.  Double klik pada daerah yang saya lingkari dibawah ini   


         
 6. Jika sukses, akan muncul color box seperti pada gambar dibawah ini, dan disinilah ritual sakral  pemanggilan  "easter egg" itu berlangsung. Tahan tombol [Ctrl] pada keyboad, lalu arahkan mouse pada warna biru dengan index color 125, kemudian klik.   


7. Jika berhasil maka akan muncul  credit box yang berisikan tim programer yang membuat software autocad ini.


Tidak hanya itu, kita pun bisa menggunakan fungsi panning pada background 3d yang ada dibelakang tulisan para programer sehingga background dapat dilihat dari sisi sudut yang berbeda-beda.


Dan yang terakhir, bagi anda para pecinta musik jangan lupa menyetel speaker dengan keras sebelum membuka easter egg ini, karena akan ada musik instrumental yang bernuansa heroik mengiringi credit box para programer autocad ini. 


#keep posting   




Tidak ada komentar:

Posting Komentar