Plugin Photoshop (bag.2)

Ternyata sudah lama juga saya gak nulis tentang plugin photoshop, postingan tentang plugin photoshop bagian pertama yang pernah saya buat (lihat disini) sudah sangat lama ternyata. Kerjaan yang padat dan kesibukan kuliah membuat saya mulai ketinggalan informasi tentang software pengolah foto yang powerfull ini, sampai-sampai saya baru sadar kalo ternyata photoshop udah rilis versi cs5 nya, padahal dikomputer saya hanya yang cs3 saja hehe.. baiklah agan-sista pada postingan kali ini saya mencoba mereview beberapa plugin photoshop yang mungkin agan-sista perlu coba. dan berhubung saya punyanya cuma PS cs3 jadi untuk versi yang cs3 keatas silahkan dicoba sendiri kompabilitasnya. Berikut review dan sedikit cara menggunakannya. 

1. DreamSuite

Plugin ini bisa didownload pada situs resminya disini, mugkin tidak banyak yang saya bisa jelaskan pada plugin ini. yang pasti filter-filter yang ada didalamnya bisa membuat foto terlihat lebih eksentrik dan menyentuh. berikut ini beberapa contoh filter yang terdapat pada plugin ini.


1.1 Mesh


Beberapa preset pada filter mesh

Hasil editan menggunakan filter mesh dalam lembar kerja DreamSuite


1.2 Tile

Pilihan jenis preset pada filter Tile
Hasil filterisasi menggunakan tile

 1.3 PhotoStrips

Pilihan preset pada filter PhotoStrips

Hasil akhir filter Photostrips yang telah disave

 1.4 4x5 Frame

Preset 4x5 frame dengan berbagai piihan

hasil editan menggunakan filter 4x5 frame yang unik
Dan masih banyak lagi filter-filter lainnya yang terdapat didalam plugin DreamSuite ini yang tentu saja menarik untuk dicoba. Untuk sekedar informasi, plugin DreamSuite ini tidak bisa didapatkan secara free, bagi anda yang ingin membeli licensinya bisa langsung saja mengunjungi situs resmi Plugin DreamSuite :-)


2. Topaz Adjust

Dalam dunia penggiat fotografi, istilah HDR (High Dynamic Range) tentu sudah tidak asing lagi. Melalui proses HDR, foto akan terlihat lebih terdramatisir dengan area dinamis yang lebih tinggi dari foto-foto pada umumnya, sehingga akan memunculkan pola-pola unik pada foto tersebut. Plugin Topaz Adjust menyediakan filter-filter yang secara otomatis dapat langsung mengubah nilai exposure setiap foto menjadi foto HDR. Bagi anda yang tidak ingin repot mengutak-atik tools-tools photoshop untuk mendapatkan foto HDR, plugin ini adalah jawabannya.

Pada bahasan kali ini saya menggunakan Topaz Adjust versi 4.0.1 yang diintegrasikan kedalam Photoshop CS3 Extended. Langkah kerjanya cukup mudah, hanya dengan membuka file foto yang akan diedit kemudian masuk pada menu filter > Topaz Labs... > Topas Adjust 4, kemudian akan muncul jendela kerja Topaz Adjust dengan pilihan filter preset yang sangat banyak disebelah kiri. 

lembar kerja topaz adjust 4


Untuk medapatkan hasil yang foto HDR yang maksimal, atur keseimbangan antara Exposure, Details, Color serta Noise foto yang telah diterapkan salah satu filter diatasnya (pada contoh diatas saya menggunakan HDR - Details). Lalu bagaimana menurut anda?cukup simpel bukan? akan tetapi plugin ini masih mempunyai  satu kekurangan yaitu tidak free atau memerlukan "keyword google" yang tepat untuk mendapatkan versi lengkapnya hehe. bagi anda yang sudah mendapatkan plugin ini, selamat ber-HDR ria lah :-)


3. PhotoTools

Yang diharapkan dalam menggunakan sebuah plugin photoshop tidak lain adalah otomisasi tahapan-tahapan pengeditan untuk mendapatkan hasil foto yang diingankan. Plugin PhotoTools menyediakan filter-filter yang ampuh dalam mengedit sebuah foto menjadi lebih enak dipandang secara otomatis. Filter-filter yang ada dalam plugin ini meliputi pewarnaan, framing, edging, blur, serta efek tulisan. Berhubung filter-filter yang disediakan plugin ini sangat banyak, maka saya hanya mereview beberapa saja, sisanya silahkan dicoba sendiri.

3.1 One one Comic Book

 Dengan filter ini foto akan secara berubah menjadi tampilan buku komik, tentu saja hanya dengan sekali klik semua akan berubah secara otomatis. Untuk hasil yang maksimal, anda dapat menggabungkan beberapa filter sekaligus diatas foto tersebut.

3.2 Davis Color Intensify

 Tampilan langit biru yang cerah tentu saja dapat menjadi daya tarik tersendiri terhadap sebuah foto. Filter Davis Color Intensify ini mungkin bisa dicoba bagi anda yang tidak ingin repot-repot melakukan proses glowing diphotoshop

3.3 Davis-wow Cross Process


 Ingin tampilan foto seperti pada gambar frame video? dengan filter Davis-wow cross process hal tersebut akan terwujud. filter ini mengubah foto menjadi tampilan seperti pada frame film-film terkenal sehingga menghasilkan foto yang eksentrik dengan sedikit efek lomo didalamnya.



Masih banyak lagi filter-filter yang terdapat didalam plugin ini yang akan cukup menyita waktu jika harus dibahas semuanya hehe. Sedikit tips dari saya, tidak ada salahnya jika anda menggabungkan beberapa filter pada plugin-plugin diatas untuk mendapatkan hasil foto yang unik dan menarik tanpa mengurangi nilai keindahan dari foto tersebut. Untuk itu sebelum melakukan pengeditan menggunakan plugin-plugin tersebut, lakukan duplikasi layer terlebih dahulu (ctrl j) lalu kemudian mengatur nilai opacity dan  fill terhadap layer foto yang telah diedit. Sekian dulu dari saya, kurang lebihnya silahkan ditambahkan seperlunya. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar