Partition Magic error di mesin vista


Suatu hari saya hendak menginstal software partition magic 8.0 pada mesin windows vista di laptopku, karena saya akan membagi partisi hardisk untuk menginstal salah satu distro linux, pada saat menginstal muncul pessan eror yang mengatakan bahwa aplikasi partition magic tidak kompatibel dengan mesin vista… namun saya tak menghiraukan pesan itu dan tetap melanjutkan proses instalasi, dan apa yang terjadi? Sungguh kemalangan yang menerpa,2 local driveku tak terdetect  oleh windows explorer..dan dataku…data data pentingku…ugghhhh…
Saya coba mengintip apa yang terjadi terhadap drive drive tersebut melalui  Disk Management : masuk ke Run [windows+R} lalu keik "compmgmt" tanpa tanda petik kemudian pilih Disk Management



Disitu akan terlihat bahwa drive drive yang eror tadi tidak hilang tetapi unallocated dan kembali ke format mentah harddisk yaitu RAW (maaf ya,gambar tidak sesuai dengan yang dijelaskan karena erornya sudah diperbaiki☺, ini hanya ilustrasi..),dan saya mencoba memformat ulang partisi tersebut dengan mengklikkanan pada drive yang ter-unallocated tersebut dan ternyata pilihan untuk memformat ulang tak bisa dilakukan juga [dissable]..
Selanjutnya saya berpikir untuk merestore komputer  ke waktu sebelum melakukan penginstalan partition magic tersebut, sebelumnya saya menguninstal dahulu software sia*an partition magic tersebut. Dan setelah berhasil merestore computer  dan restart computer, saya pun langsung menuju ke windows explorer, dan ternyata  drive drive local tersebut tetap tidak muncul…hmm
Kali ini saya mencoba memformat ulang partisi  dengan menggunakan cd penginstalan windows vista tersebut,setelah booting cd tersebut saya masuk ke pilihan install dan mencoba mencoba memperbaiki kerusakan pada partisi tersebut, namun pilihan tersebut terpaksa saya batalkan karena untuk memformat ulang partisi partisi itu saya harus melebur dulu semua partisi termasuk drive c windows..hmmm sepertinya makin ruwet aja 
Dan sayapun teringat suatu pepatah “maksud hati hendak memeluk gunung, apa daya tangan tak sampai” saya pun kembali membooting cd instalan windows tersebut (apa hubungannya dgn pepatah tadi??) dan masuk ke pilihan repair windows>repair windows startup… windows pun mendetect eror pada komponen harddisk dan langsung memperbaikinya. Dan tatata…setelah di restart,semuanya berjalan seperti biasa, partisi partisi yang tadinya hilang kini muncul dengan sendirinya huhuyy,.. 
Sekedar informasi, windows vista maupun xp sudah mempunyai tools bawaan untuk memformat atau membuat partisi baru harddisk,pada vista bisa ditemukan di Disk Management. Namun karena membuat partisi ataupun memformat adalah ritual yang sakral dalam dunia penginstalan maka saya mempercayakannya kepada software pihak ketiga (pihak kedua siapa ya??) yaitu partition magic, dan berdasarkan pada pengalaman sewaktu saya masih kecil menggunakan windows xp, software ini sangat ampuh dalam hal partisi partisian (ya iyalah,namanya juga partition magic).
Thanks buat Partition Magic yang sempat membuat diriku merana hehe.. dan saya pun kembali melanjutkan misi utama yaitu menginstal os linux di laptopku biar klo ada razia OS bajakan saya g kena..heheh

1 komentar: